Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

28 04 2009

Sistem Penjaminan mutu merupakan sebuah perwujudan peningkatan upaya untuk menjaminkan proses perguruan tinggi yang berkualitas, namun secara umum defisnisnya adalah:

Sistem Penjaminan Mutu adalah suatu sistem manajemen untuk mengarahkan dan mengendalikan suatu organisasi/institusi dalam penetapan kebijakan, Sasaran , Rencana dan Proses/prosedur mutu serta pencapaiannya secara berkelanjutan (Continous improvement).

Sistem Penjaminan Mutu adalah suatu sistem manajemen yang menjamin kesesuaian antara proses dengan output yang dihasilkan yang akan memberikan kepuasan stakeholders.

Sistem Penjaminan  Mutu merupakan sistem manajemen yang terdiri dari struktur organisasi, tanggungjawab,  proses-proses, prosedur dan sumber daya yang digunakan untuk mencapai standar yang ditentukan berdasarkan persyaratan dan kebutuhan stakeholders  dan organisasi

Sistem Penjaminan  Mutu adalah Sistem manajemen yang mengikutsertakan seluruh karyawan dari tingkatan organisasi, dengan penerapan konsep pengendalian kualitas dan metode statistik untuk mencapai kepuasan pelanggan dan yang mengerjakannya

Tujuan Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi di Indonesia

Sistem Penjaminan Mutu telah disadari bentuk dan manfaatnya dalam peningkatan kualitas secara berkala di perguruan tinggi. Walau secara umum masih bersifat simboliasi dalam rancangan mutu dalam almari dan kertas. Namun setidaknya merupakan gambaran sebuah itikad perbaikan secara kelembagaan.

Secara umum penerapan sistem penjaminan mutu diperguruan tinggi mempunyai beberapa tujuan :

  1. Memberikan pedoman tentang satu siklus penjaminan mutu di perguruan tinggi
  2. Memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan yang dijalankan perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholder melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi
  3. Memastikan seluruh kegitatan institussi berjalan dengan baik dan terus meningkat secara berkesinambungan
  4. Membuktikan kepada seluruh stakeholder bahwa institusi bertanggungjawab untuk mutu seluruh kegiatannya

Landasan penerapan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi adalah untuk proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholder memperoleh kepuasan.

Sistem Penjaminan MUtu sebagai bentuk sistem yang terus memonitor dan evaluasi proses pencapaian standar merupakan sebuah sistem yang harus diterima karena dampak kedepan sangatlah progresif. Baik untuk kepentingan mahasiswa maupun kepentingan perguruan tinggi.

Tentu orangtua mahasiswa selalu berharap perguruan tempat anaknya bernaung adalah pilihan terbaik, nah apakah yang bisa dijaminmkan ke orangtua mahasiswa? Sistem Penjaminan Mutu yang terimplementasi dengan baik.

Perangkat Sistem Penjaminan Mutu

Sistem Penjaminan Mutu PErguruan Tinggi

Universitas Islam Indonesia di tahun 2008 ini memasuki tahun ke-10. Seperti dalam perjalanan menuju  perbaikan tentu memiliki hambatan-hambatan strategis baik secara admisnistrati  maupun filosofis.

Dalam perjalanan pembangunan Sistem Penjaminan Mutu PT  yang dikawal oleh Badan Penjaminan Mutu memiliki perangkat sistem penjaminan mutu agar implementasinya  efektif, antara lain :

PengertianSasaran Mutu

Merupakan Standar Mutu  yang diturunkan  dari Kebijakan Mutu bersifat strategis, spesifik, dapat  diukur, realistik, dan dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Pengertian Rencana Mutu

Merupakan standar mutu dari semua aktifitas/proses dan output yang berkaitan
dengan penyelenggaraan pendidikan, yang  terdiri dari  Rencana Mutu Universitas/
Fakultas/Program Studi.

Pengertian  Prosedur Mutu

Prosedur yang memerinci dan menjelaskan langkah serta mekanisme pelaksanaan semua proses aktifitas  dalam sistem penjaminan mutu yang melibatkan berbagai fungsi.

Pengertian  Catatan Mutu

Merupakan catatan hasil pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu yang harus disimpan dan dipelihara sesuai dengan standar catatan mutu.

Pengertian  Wewenang dan Tanggungjawab

Merupakan dokumen yang menjelaskan tentang wewenang dan tugas setiap jabatan yang tercakup dalam lingkup penerapan Sistem Penjaminan Mutu.

Pengertian Prosedur Kerja.

Prosedur Kerja adalah pedoman kerja berisi mekanisme dan urutan/proses kerja dari suatu kegiatan/aktifitas pada satu unit dalam  rangka menunjang penerapan sistem manjemen mutu.

Pengertian Instruksi Kerja

Dokumen mekanisme kerja yang mengatur secara  rinci dan jelas urutan suatu aktifitas yang hanya melibatkan satu fungsi saja sebagai pendukung Prosedur Mutu atau Prosedur Kerja.

Sistem Penjaminan Mutu.

Unmuh Jember mengadopsi Manajemen Mutu ISO 9001 Versi 2000

Seputar Webometric : Faktor penentu rangking perguruan tinggi di Webometric

Saat ini berbagai upaya pencapaian untuk meningkatkan performa perguruan tinggi sangat beraneka ragam mulai dari sistem penjaminan mutu sampai ke sistem perangking-an webomatric.  Selain Webometric sebenarnya masih ada media sebagai parameter yang lain, namun saat ini webometric masih menjadi tujuan utama.

Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan pergurua tinggi dibidang Social Networking baik interneal sekaligue ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasi nya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.

Webometric mengindikasikan 4 faktor penentu rangking antara lain:

Visibility (V)

Yaitu Jumlah link eksternal yang unik yang diterima dari situs/web lain, yang diperoleh dari search engine Google, yahoo, live search dan Exalead.

Size (S)

Jumlah halaman yang ditemukan dari mesin pencari Yahoo Search, Live Search and Exalead.

Rich Files (R)

Jumlah muatan atau volume file yang ada di situs Universitas dengan kententuan format file adalah: pdf, doc, ppt, ps

Scholar (Sc)

Karya/Paper ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan di Google  Scholar

Webometric melibatkan 3 search engine dunia :

Dalam meranking, webometic melibatkan search engine antara lain :

Google

Mesin pencari yang per desember 2008 telah menguasai 62% pencarian di seluruh dunia.

Yahoo Search

Yahoo saat ini memiliki daftar direktori yang cukup segmentif, karena selain yahoo melibatkan unsur yang free dalam pendaftaran juga memberikan tarif untuk submitted sekita $299.

Live Search

Merupakan mesin pencari group Microsoft.

Kenapa Google dan Live search menjadi penting di webometric,karena dominasinya. Saat ini termasuk yang utama karena Google merupakan search default untuk browser Firefox,dan Live search untuk Internet Explorer 7 dan beta 8.

Metode Pengukuran Webometric

(4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)

Masih banyak lagi strategi yang bisa dipacu untuk menaikkan ranking di webometric. Selamat mem-webometric kan web perguruan tinggi anda.

Strategi Webometric : Pengaruh Google, Yahoo dalam menaikkan ranking PT Webometric

|

Webometric dengan bentuk webnya yang sederhana namun saat ini mampu membangkitkan banyak perguruan tinggi dunia untuk menyadari atas kelemahan di sector publikasi webnya dengan azas kemanfaatan yang luas dan tanpa batas. Ada sebuah perguruan tinggi besar dan ternama di Indonesia yang sampai membentuk Tim lengkap dengan struktural yang formal dan ber ST (Surat Tugas) yang terdiri dari para Profesor dan Doktor. Apakah yang terjadi? Mereka mencoba memacu kenaikan ranking Perguruan Tinginya agar ranking di webometric naik drastis.

Setelah 6 bulan kemudian memang ranking nya naik, sangat signifikan. Setalah saya amati ternyata Tim itu telah menaikkan 15.000 file-file Dokumen nya selama 3 bulan, untuk memenuhi  asas R dalam Webometric :

Rich Files (R)

Jumlah muatan atau volume file yang ada di situs Universitas dengan kententuan format file adalah: pdf, doc, ppt, ps

Selain unsur R di atas, saya akan membahas unsur yang lain yaitu:

Visibility (V)

Jumlah tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain,yang diperoleh dari mesin pencari Google, Yahoo, Live Search and Exalead.

Bagaimana mencermati dari Unsur V ini? Webometric sangat jeli dalam mempetimbangakan keterlibatan 2 seacrh engine Top Dunia saat ini yaitu Yahoo dan Google, karena keduanya merupakan gudangnya directories dan paling sering diakses di dunia.

Pengaruh Google dalam webometric

Google yang didirikan oleh Sergey Bin dan Lary Page pada tahun 1998 ini merupakan Search Engine terpopuler saat ini, sekitar 62% digunakan untuk oleh seluruh lapisan di dunia untuk beburu data di internet. Google selain seacrh engine juga memilik perangkat dan indikator yang cukup bergengsi dan parametricnya sangat subtansial, salah satunya adalah Page Rank. Masih bannyak yang lain selain Page Rank, namun pokok masalahnya adalah Google merupakan sistem algoritma internet dan web yang terbaik saat ini, untuk menentukan prioritas Page rank saja Google mengukur keterkaitan/tautan/linking web satu dengan yang lain secara algoritmik. ini yang menjadi salh satu point di webometric.

Pengaruh Google di webometric karena faktor  62% yang dihandalkan dunia, juga kemampuan mendeteksi kekayaan dan kejujuran sebuah web, Sehingga webometric yang mendorong perguruan tinggi untuk mengedepankan  azas nya yang jujur dalam inventarisasi kekayaan web nya, sangat sinkron dengan perangkat Google. Sehingga unsur Google dalam webometric selain untuk kategori V juga kategori Sc yaitu Google Scholar.

Pengaruh Yahoo dalam Webometric

Kenapa webometric menjadikan Yahoo sebagai unsur dalam penilaian? Yahoo yang sebenernya singkatan dari Yet Another Hierarchical of Ficious Oracle saat ini memiliki account email terbesar di dunia. Selain itu kepopuleran yahoo juga dalam komunikasinya, antara lain Yahoo Messenger dan Find Email. Jaringan komunitas ini merupakan bagian dari support untuk asas interlingking di webometrci baik antar personal dan antar web. Selain itu Yahoo memilliki layanan Direktories dengan Premium Cost, senilai $299, sehingga secara segmen sudah mengarah pada pola keseriusan web perguruan tinggi. Yahoo search merupakan bagian dari penyedia layanan Yahoo Directories sebagai bentuk auto sinkronis dari Directories, query dan analitik untuk result, sehingga keterkaitan web satu dengan lain salah satunya sudah terukur secara langsung dan dapat dipastikan/diorganisir dari direktories ini. Ada alat uji yg bisa digunakan oleh kita semua untuk hal ini.

Masih banyak lagi kenapa Google dan Yahoo terlibat aktif di webometric indicators, namun keterbatasan blog ini sehingga semua tidak dapat saya sampaiakan secara tertulis, harus dalam sebuah forum diskusi.

About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: